Senin, 30 Maret 2015

Cara Merawat Jangkrik Agar Cepat Tumbuh Besar

Cara Merawat Jangkrik yang baik adalah menggunakan Bibit dari hasil Tangkapan Dari Alam

Pembibitan

  • Pemilihan Bibit dan Calon Induk
        Bibit yang diperlukan untuk dibesarkan haruslah yang sehat, tidak sakit, tidak cacat (sungut atau kaki ada yang patah) dan umurnya sekitar 10-20 hari. Calon induk jangkrik yang baik adalah jangkrik-jangkrik yang berasal dari tangkapan alam bebas, karena biasanya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dibandingkan jangkrik hasil budidaya. Kalaupun induk betina bukan didapat dari hasil tangkapan alam bebas, maka induk dapat dibeli dari peternakan/pengepul. Sedangkan induk jantan diusahakan dari alam bebas, karena lebih agresif dan memberikan hasil Budidaya Ternak Jangkrik yang lebih baik.

Adapun ciri-ciri indukan, induk betina, dan induk jantan yang adalah sebagai berikut:
            Indukan betina:
                sungutnya (antena) masih panjang dan lengkap.
                kedua kaki belakangnya masih lengkap.
                bisa melompat dengan tangkas, gesit dan kelihatan sehat.
                badan dan bulu jangkrik berwarna hitam mengkilap.
                pilihlah induk yang besar.
                jangan memilih Jangkrik yang mengeluarkan zat cair dari mulut dan duburnya apabila dipegang.
            Induk jantan:
                selalu mengeluarkan Suara Mengerik.
                permukaan sayap atau punggung kasar dan bergelombang.
                tidak mempunyai ovipositor di ekor.
                Induk betina:
                tidak mengerik.
                permukaan punggung atau sayap halus.
                ada ovipositor dibawah ekor untuk mengeluarkan telur.

    cara beternak jangkrik.jpg
    pemeliharaan induk
  • Perawatan Bibit dan Calon Induk

        Perawatan Jangkrik yang sudah dikeluarkan dari kotak penetasan berumur 10 hari harus benar-benar diperhatikan dan dikontrol makanannya, karena pertumbuhannya sangat pesat. Sehingga kalau makanannya kurang, maka anakan jangkrik akan menjadi kanibal memakan anakan yang lemah, akibatnya populasi akan menurun. Selain itu perlu juga dikontrol kelembapan udara serta binatang pengganggu, yaitu, semut, tikus, cicak, kecoa dan laba-laba. Untuk mengurangi sifat kanibal dari jangkrik, maka pemberian makanan jangan sampai kurang. Makanan yang biasa diberikan antara lain ubi, singkong, sayuran dan dedaunan serta diberikan bergantian setiap hari. Dan yang wajib diberikan adalah makanan berupa voor/konsentrat untuk pakan ayam(511).

Jika anda ingin Memulai Budidaya Jangkrik sebagai usaha sampingan, namun anda tidak mau repot-repot membuat indukan, maka cukup membeli telur siap tetas dari kami.

Harga 1 kg  Telur Jangkrik = Rp250rb Harga Belum termasuk ongkos Kirim


Catatan : harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai pasar!!!
 
Untuk pemesanan hubungi Bpk.Sugeng hp.085646386591
alamat
pulosari,ngunut,tulungagung
jawa timur
kode pos 66292

KETENTUAN:
Perlu Diperhatikan Kawan Poin Dibawah :
  •     Setelah anda positif pesan maka segera lakukan pembayaran kesalah satu nomor rekening yang kami sediakan BRI/BCA karena harga dapat berubah sewaktu-waktu. Batas waktu 2 hari setelah pesan.
  •     Telur Jangkrik dikirim setelah terjadi pembayaran/transfer, paling cepat dikirim keesokan hari atau bisa dikirim beberapa hari kemudian jika waktu dan keadaan yang tidak memungkinkan, misal lokasi tujuan agak masuk/terpencil maka hanya berani dikirim hari senin/selasa/rabu agar tidak terpotong hari minggu.
  •     Telur dikirim via EXPEDISI kepercayaan kami JNE menggunakan vasilitas REGULER. Namun dapat mengikuti keinginan pemesan mau menggunakan expedisinya.
  •     Ongkos Kirim dapat berbeda tergantung alamat tujuan yang dikirimi, lebih aman jika diambil dikantor JNE kota(tidak perlu menunggu diantar oleh kurir).
  •     Telur Jangkrik yang dikirim sampai tujuan dengan estimasi -+ 3 hari dihitung setelah telur dikirim (tergantung alamat yang dituju, dapat lebih lama jika lokasi diluar kota)
  •     Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan telur akibat keterlambatan pengiriman, karena setelah dikirim kami tidak punya wewenang untuk mengatur lama pengiriman. Untuk jaga-jaga biar lebih aman jika diambil sendiri dikantor JNE kota setelah 3hari (tidak perlu menunggu diantar ke alamat oleh kurir).

NB: Harga berubah sewaktu-waktu menurut keadaan pasarr!