Senin, 30 Maret 2015

Cara Ternak Jangkrik Tanpa Indukan

Cara Tenak Jangkrik Tanpa Indukan merupakan cara yang tepat bagi pemula untuk memulai Budidaya Ternak Jangkrik karena hanya butuh telur jangkrik untuk mulai beternak baik dari hasil penangaran sendiri atau beli dari Penjual Telur Jangkrik.

Sistem Pemuliabiakan

        Sampai saat ini Pembiakan Jangkrik yang dikenal adalah dengan mengawinkan Induk Jantan dan Induk Betina, sedangkan untuk bertelur ada yang alami dan ada juga dengan cara cesar. Namun risiko dengan cara cesar induk betinanya sangat besar kemungkinannya mati dan telur yang diperoleh tidak merata tuanya sehingga daya tetasnya rendah dan kurang berkualitas. Jangkrik sendiri digunakan sebagai pakan burung untuk pengganti pelet dan ulat. Kini setiap penjual makanan burung selalu Jual Jangkrik Pakan Burung karena perkembangan Budidaya Ternak Jangkrik yang sudah merata diseluruh wilayah Indonesia.

  •         Reproduksi dan Perkawinan

        Induk Jangkrik dapat memproduksi telur yang daya tetasnya tinggi ± 80-90 % apabila diberikan makanan yang bergizi tinggi. Setiap peternak mempunyai ramuan-ramuan yang khusus diberikan pada induk jangkrik antara lain: bekatul jagung, ketan item, tepung ikan, kuning telur bebek, kalk dan kadang-kadang ditambah dengan vitamin. Namun jika tidak ingin ribet, kita dapat menggunakan voor atau konsentrat ayam 511 yang dihaluskan.

        Disamping itu suasana kandang harus mirip dengan habitat alam bebas, dinding kandang diolesi semen putih dan lem kayu, dan diberi tre bekas wadah telur untuk tempat bersembunyi.

        Jangkrik biasanya meletakkan telurnya dipasir atau tanah. Jadi didalam kandang khusus peneluran disiapkan media pasir yang dimasukkan diwadah kecil berbentuk persegi. Perbandingan antara betina dan jantan 10 : 2, agar didapat telur yang daya tetasnya tinggi. Apabila jangkrik sudah selesai bertelur sekitar 5 hari, maka telur dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan induknya kemudian kandang bagian dalam disemprot dengan larutan antibiotik (cotrymoxale). Selain peneluran secara alami, dapat juga dilakukan peneluran secara cesar. Akan tetapi kekurangannya ialah telur tidak merata matangnya.

induk jangkrik.jpg
  •  Proses kelahiran

        Sebelum penetasan telur sebaiknya terlebih dahulu disiapkan kandang yang permukaan dalam diberi tatanan tre untuk media hidup dan bersenmbunyii. Dalam satu kandang cukup dimasukkan 1/2 kg telur. Selama proses ini berlangsung warna telur akan berubah warna dari bening sampai kelihatan keruh. Kelembaban telur harus dijaga dengan menyemprot telur setiap hari dan telur harus dibulak-balik agar jangan sampai berjamur. Telur akan menetas merata sekitar 4-6 hari.

Harga 1 kg  Telur Jangkrik = Rp250rb Harga Belum termasuk ongkos Kirim


Catatan : harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai pasar!!!

Untuk pemesanan hubungi Bpk.Sugeng hp.085646386591
alamat
pulosari,ngunut,tulungagung
jawa timur
kode pos 66292

KETENTUAN:
Perlu Diperhatikan Kawan Poin Dibawah :
  1.     Setelah anda positif pesan maka segera lakukan pembayaran kesalah satu nomor rekening yang kami sediakan BRI/BCA karena harga dapat berubah sewaktu-waktu. Batas waktu 2 hari setelah pesan.
  2.     Telur Jangkrik dikirim setelah terjadi pembayaran/transfer, paling cepat dikirim keesokan hari atau bisa dikirim beberapa hari kemudian jika waktu dan keadaan yang tidak memungkinkan, misal lokasi tujuan agak masuk/terpencil maka hanya berani dikirim hari senin/selasa/rabu agar tidak terpotong hari minggu.
  3.     Telur dikirim via EXPEDISI kepercayaan kami JNE menggunakan vasilitas REGULER. Namun dapat mengikuti keinginan pemesan mau menggunakan expedisinya.
  4.     Ongkos Kirim dapat berbeda tergantung alamat tujuan yang dikirimi, lebih aman jika diambil dikantor JNE kota(tidak perlu menunggu diantar oleh kurir).
  5.     Telur Jangkrik yang dikirim sampai tujuan dengan estimasi -+ 3 hari dihitung setelah telur dikirim (tergantung alamat yang dituju, dapat lebih lama jika lokasi diluar kota)
  6.     Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan telur akibat keterlambatan pengiriman, karena setelah dikirim kami tidak punya wewenang untuk mengatur lama pengiriman. Untuk jaga-jaga biar lebih aman jika diambil sendiri dikantor JNE kota setelah 3hari (tidak perlu menunggu diantar ke alamat oleh kurir).

NB: Harga berubah sewaktu-waktu menurut keadaan pasarr!