Senin, 30 Maret 2015

JANGKRIK Bahasa Latin (Gryllidae) Cricket

Jangkrik (Gryllidae) atau Cengkerik adalah salah satu janis hewan Serangga yang masih memiliki kerabat dekat dengan Belalang, memiliki tubuh yang rata dengan antena yang panjang dikepala. Selain itu Jangkrik juga memiliki sayap kasar dan merupakan alat yang dipakai untuk mengeluarkan suara yang khas/unik sangat sering kita dengar pada malam hari, tidak untuk terbang sebagaimana fungsi utama sayap pada umumnya. Jangkrik termasuk hewan omnivora, dan dikenal dengan suaranya yang hanya dihasilkan oleh jangkrik jantan saja, suara ini digunakan juga untuk menarik perhatian Jangkrik Betina pada saat musim kawin.


Gambar Jangkrik
JANGKRIK (Gryllidae)
Gambar Jangkrik
JANGKRIK (Gryllidae)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Orthoptera
Upaordo: Ensifera
Superfamily: Grylloidea
Family: Gryllidae

Gambar Jangkrik
JANGKRIK (Gryllidae)
kriix ,,,,, kriix ,,,,,,, kriix .........
Suara ini digunakan jangkrik jantan untuk menarik si betina dan mengusir pejantan lainnya juga berarti untuk menandai wilayah kekuasaan. Suara Jangkrik ini semakin keras bunyinya seiring naiknya suhu sekitar lingkungan hidup jangkrik. Di dunia ini telah dikenal kurang lebih sekitar 900 Spesies Jangkrik, termasuk di dalamnya adalah Gangsir yaitu Jangkrik yang sangat besar dan memiliki suara yang lebih panjang dan khas. Seiring perkembangan zaman, Jangkrik yang dulunya dianggap sebagai hama tanaman karena jika populasi yang besar dapat merusak tanaman pangan, kini justru sedang gencar-gencarnya dibudidayakan karena memiliki manfaat yang sangat baik terutama untuk pakan burung kicau. Kandungan gizi yang terdapat didalam tubuh Jangkrik dapat memberikan tambahan kemampuan yang baik untuk burung dalam melantunkan suara/mengoceh, hal ini sangat disukai sekali oleh para pemilik burung sebagai makanan tambahan untuk peliharaan mereka selain harganya yang lebih terjangau dari pada pelet, namun khasiat yang dihasilkan bisa lebih bagus untuk pakan alami seperti ini.
Gambar Jangkrik
JANGKRIK (Gryllidae)
Seperti pada prinsip ekonomi, setiap barang laku dijual jika ada yang membutuhkan. seiring banyaknya dan kian menjamurnya masyarakat yang memelihara burung baik mereka peternak atau yang cuma hobi saja, bersamaan itu juga jangkrik juga laku untuk dijual karena mereka yang mempunyai burung memerlukan pakan untuk burung kesayangannya. Harga pakan jangkrikpun dianggap lebih murah dan memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan pakan berupa pelet. Ini merupakan pilihan kedua yang sangat disayangkan untuk dilewatkan. Jadi mereka dapat saling menguntungkan antara Pecinta Burung Kicau dan Peternak Jangkrik.

Untuk Memulai Budidaya Ternak Jangkrik juga tidak begitu sulit namun juga tidak semudah yang kita bayangkan mengingat jangkrik merupakan hama. Yang perlu diperhatikan adalah kandang yang harus dirancang sebaik mungkin yang nantinya mendapat suhu yang sesuai habitat dan disukai Jangkrik. Jika hal ini kita abaikan maka bisa berakibat fatal, bisa-bisa gagal panen karena jangkrik mati sedikit demi sedikit tanpa kita sadari sebelumnya. Sobat bisa membaca artikel dalam blog ini mengenai Panduan Cara Budidaya Jangkrik untuk mempelajari Cara Meliharaan Jangkrik supaya nanti berhasil dalam menjalan usaha ini.

Harga 1 kg  Telur Jangkrik = Rp250rb Harga Belum termasuk ongkos Kirim!

Catatan : harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai pasar!!!

Untuk pemesanan hubungi Bpk.Sugeng hp.085646386591
alamat
pulosari,ngunut,tulungagung
jawa timur
kode pos 66292

KETENTUAN:
Perlu Diperhatikan Kawan Poin Dibawah :
  1.     Setelah anda positif pesan maka segera lakukan pembayaran kesalah satu nomor rekening yang kami sediakan BRI/BCA karena harga dapat berubah sewaktu-waktu. Batas waktu 2 hari setelah pesan.
  2.     Telur Jangkrik dikirim setelah terjadi pembayaran/transfer, paling cepat dikirim keesokan hari atau bisa dikirim beberapa hari kemudian jika waktu dan keadaan yang tidak memungkinkan, misal lokasi tujuan agak masuk/terpencil maka hanya berani dikirim hari senin/selasa/rabu agar tidak terpotong hari minggu.
  3.     Telur dikirim via EXPEDISI kepercayaan kami JNE menggunakan vasilitas REGULER. Namun dapat mengikuti keinginan pemesan mau menggunakan expedisinya.
  4.     Ongkos Kirim dapat berbeda tergantung alamat tujuan yang dikirimi, lebih aman jika diambil dikantor JNE kota(tidak perlu menunggu diantar oleh kurir).
  5.     Telur Jangkrik yang dikirim sampai tujuan dengan estimasi -+ 3 hari dihitung setelah telur dikirim (tergantung alamat yang dituju, dapat lebih lama jika lokasi diluar kota)
  6.     Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan telur akibat keterlambatan pengiriman, karena setelah dikirim kami tidak punya wewenang untuk mengatur lama pengiriman. Untuk jaga-jaga biar lebih aman jika diambil sendiri dikantor JNE kota setelah 3hari (tidak perlu menunggu diantar ke alamat oleh kurir).

Suatu Komoditi yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha menengah kebawah dengan cara ternak "JANGKRIK (Gryllidae)" karena ada banyak keuntungan dengan Membudidaya Jangkrik ini.

NB: Harga berubah sewaktu-waktu menurut keadaan pasarr!